.
||[ H O M E ]||[ PROFILE ]||[ INFO LOWONGAN ]||

Saturday, November 22, 2008

Yoppy juara Gemastik


ini repost aja dr situs UB, kan masi ada hubungannya sm aq, secara aq kecipratan traktiranx kmrn,hwehehehe..


Sekelompok mahasiswa Teknik Elektro Universitas Brawijaya menjuarai Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GemasTIK 2008) yang digelar oleh Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Bandung. Final kegiatan tahunan ini diselenggarakan pada Rabu-Jumat (22-24/10) di kampus IT Telkom Bandung. Mereka adalah Yoppy (angkatan 2004), Dahnial Syauqi (angkatan 2005) dan Agung Setyabudi (angkatan 2005). Kategori yang diikutinya adalah Smartware Contest dengan judul penelitian “Alat Perekam/Pemutar Suara Digital Berkapasitas Besar untuk Aplikasi Embedded-System”. Atas prestasinya, ketiga mahasiswa Teknik Elektro ini berhak atas uang tunai senilai Rp 7 juta ditambah 3 buah telepon genggam merk ZTE. Informasi mengenai kegiatan ini dapat diperoleh di www.gemastik.com.
Perekam/Pemutar Suara Digital
Penelitian ini diambil dari penelitian skripsi milik Yoppy yang telah dijalankannya sejak empat bulan yang lalu. Prinsip kerja alat ini adalah pemanfaatan IC berkapasitas kecil yang ditambah dengan SD Card di Handphone untuk perekaman. Dengan kapasitas 512 MB, Yoppy mengaku berhasil merekam lebih dari 18 jam. “Itu karena saya memakai kapasitas 512 MB, jika memakai yang lebih besar, 1 GB misalnya, mungkin bisa dua kali lipat, 36 jam”, ujar Yoppy. Lebih mendetail, Dahnial Syauqi yang juga terlibat dalam penelitian ini menjelaskan bahwa setelah perekaman suara, file kemudian dapat disimpan/dicopy melalui Card reader dan kemudian terbaca di Personal Computer (PC) dalam file .wav (dot wav). “Kelebihan alat ini adalah kapasitasnya yang besar disamping dapat dibaca di PC dan MP3 Player”, ujar Dahnial. Ia pun menjelaskan, alat ini dapat diaplikasikan ke peralatan yang membutuhkan suara seperti kamus tuna netra, kalkulator, jam digital, dll. Untuk menyusun alat perekam/pemutar suara digital ini, Yoppy mengaku membutuhkan biaya kurang dari Rp. 200 ribu untuk membeli komponen yang mudah diperoleh di pasaran. Dengan bimbingan Adharul Muttaqin, ST, MT dalam penelitian ini, ia menyatakan sangat susah menemukan literatur karena belum banyaknya referensi sehingga lebih banyak bereksperimen sendiri melalui trial error. “Pemanfaatan SD card sudah banyak tetapi perekaman/pemutaran suara belum ada”, kata dia.
Dengan pengalamannya menjuarai Gemastik 2008 ini, Yoppy, dkk berharap tahun depan Universitas Brawijaya dapat mengirimkan lebih banyak peserta sehingga peluang merebut juara lebih besar.

dikutip dari: www.prasetya.brawijaya.ac.id

2 comments:

  1. keren bgd joss si joppy itu
    tapi ga kerennya aku dapet cipratan traktirannya
    huff

    ReplyDelete
  2. minta aja Oo.. sp tau msi ada jatah,hehe.. ;D

    ReplyDelete